Senin, 12 Maret 2012

Filosofi Kostum Timnas Indonesia

Firman Utina dkk ( Internet / dapurbola.com )
Setlah sekian lama tidak membuat tulisan buat mengisi blog, akhirnya hari ini bisa juga update tulisan terbaru. Biasa, rasa malas dalam beberapa waktu ini, terus menghampiri diriku. Padahal, banyak sekali idea tau opini yang pantas untuk dituliskan. Namun semuanya kandas oleh satu kata, MALAS!

Tulisan kali ini merupakan opini pribadi diriku sendiri. Opini ini timbul setelah melihat timnas sepak bola Indonesia menderita kekalahan dari timnas sepak bola Brunei Darussalam dengan kedudukan akhir 0-2 dalam ajang Sultan Hasanah Blokiah Cup. Tetapi, pada kesempatan kali ini aku ingin mengomentari kostum dari para pemain timnas sepak bola Indonesia tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa lambing bendera Republik Indonesia adalah warna merah dan putih. Warna tersebut menjadi inspirasi dari kostum timnas sepak bola kita. Para pemain timnas sepak bola Indonesia memakai baju berwarna merah dan celana berwarna putih.

Sepintas, memang terlihat tidak memberikan arti. Tetapi, jika kita berfikir sejenak, maka terdapat sebuah arti penting dari warna tersebut.

Warna merah, biasanya selalu identik dengan semangat yang menggebu-gebu seperti kobaran api yang menyala-nyala. Sebenarnya, warna merah dari kostum tersebut dapat diartikan sebagai sebuah rasa semangat dan juga cinta tanah air dan akan mengorbankan seluruh jiwa raga untuk membela tanah air Indonesia agar dapat menjadi Negara yang terdepan dan bisa menjadi pemimpin bagi Negara-negara yang lain.

Selain itu, warna merah pada kostum tersebut dapat diartikan sebagai semangat rakyat Indonesia untuk menjadi manusia yang terbaik dan dapat memberikan kebaikan kepada sesame rakyat Indonesia dan juga rakyat dari Negara lain.

Sedangkan warna putih pada celana para pemain timnas sepak bola Indonesia tersebut, dapat diartikan sebagai kesucian niat dari rakyat Negara Indonesia untuk dapat membuat Negara Indonesia ini menjadi yang terbaik dari Negara lain. Namun memang, pasti aka nada beberapa orang yang niatnya menjadi tidak suci dikarenakan nafsu (celana berfungsi untuk menutupi kemaluan atau sumber nafsu) mereka untuk memperkaya diri sehingga mengorbankan rakyat dan juga Negara Indonesia.

Sebuah kombinasi makna yang sangat menarik dari warna kostum pemain timnas sepak bola Indonesia tersebut. Semangat yang berkobar besar dan bersatu dengan niat yang suci, maka akan menghasilakn sebuah tindakan yang terbaik untuk membuat Negara ini benar-benar bisa menjadi Negara yang memimpin dan disegani oleh Negara-negara lain dan juga memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya sendiri.
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo